Cara Memulihkan Perubahan Warna pada Perangkat Masak Stainless Steel

Saat memasak dengan peralatan masak stainless steel, seringkali seiring waktu, kita akan menemukan noda coklat atau biru di bagian bawah. Noda-noda ini akan mengurangi tampilan mengkilap yang membuat peralatan masak tampak berkarat dan kotor. Agar tetap terlihat cantik, ada beberapa cara mudah yang membantu menghilangkan noda.

Penyebab perubahan warna

Penyebab paling umum untuk perubahan warna adalah dari memasak pada panas tinggi. Fakta umum berikutnya yang menyebabkan perubahan warna adalah memasak dengan sisa makanan yang terbakar yang tersisa di dalam panci. Makanan yang dibakar, jika tidak dibuang seluruhnya, akan menyebabkan noda ketika panci atau panci dipanaskan kembali. Juga, padatan mineral dalam air dapat meninggalkan noda air pada cookware stainless juga. Untuk memperbaiki masalah, Bar Keepers Friend dan cuka putih sering digunakan untuk mengembalikan perubahan warna dari peralatan masak baja tahan karat.

Bar Keepers Friend

Bar Keepers Friend adalah pembersih premium yang bekerja tanpa pemutih klorin yang dapat digunakan pada stainless steel. Bar Keepers Friend dapat dibeli secara online atau di toko lokal di lorong pembersihan rumah tangga dan dapat ditemukan dalam bentuk cair atau bubuk.

Sebelum membersihkan, pastikan panci atau wajan basah. Untuk memulai proses, terapkan Teman Penjaga Bar ke permukaan alat masak lalu gosok ringan dengan kain lembut basah tempat noda hadir. Jika menggunakan bubuk Bar Keepers Friend, itu selalu ide yang baik untuk mencampur bubuk dengan air untuk mengubahnya menjadi bentuk pasta sebelum menggosok untuk menghilangkan noda membandel. Jika noda sulit dihilangkan, disarankan untuk meninggalkan pasta Bar Keepers Friend pada permukaan cookware basah untuk sementara sebelum menggosok. Ini akan membantu membuat noda hilang dengan mudah. Ketika noda telah dihapus sepenuhnya, bilas peralatan masak melalui air hangat dan cuci dengan sabun untuk membersihkan semua residu kimia. Terakhir, bilas peralatan masak secara menyeluruh dengan air panas dan gunakan handuk bersih kering untuk menyeka sepenuhnya.

cuka putih

Menggunakan cuka putih adalah metode lain untuk mengembalikan cookware stainless berubah warna. Pertama, isi cookware stainless steel berubah warna dengan satu cangkir cuka dan tambahkan air seperlunya untuk menutupi noda. Selanjutnya, rebus campuran air cuka selama sekitar lima menit lalu biarkan hingga benar-benar dingin. Setelah itu, cuci peralatan masak dengan sabun dan air panas menggunakan lap cuci piring lembut atau pad non-abrasif. Saat selesai membersihkan, bilas peralatan masak stainless steel secara menyeluruh dengan air panas dan keringkan sepenuhnya dengan handuk bersih. Sadarilah bahwa ketika merebus cuka, itu akan menghasilkan bau yang difermentasi. Jika Anda tidak dapat menahan bau, daripada merebus cuka, biarkan campuran air cuka duduk di peralatan masak beberapa saat lebih lama sebelum mencucinya dengan sabun untuk menggosok noda dan menyelesaikan proses seperti yang disarankan.

Yang terbaik dari semuanya, untuk menghindari perubahan warna, ingat untuk tidak meletakkan panci dan wajan stainless steel di atas panas tinggi. Direkomendasikan setelah panci dan wajan panas setelah dipanaskan, pertahankan api sedang atau sedang-rendah untuk memasak. Bersihkan panci dan wajan setelah digunakan dan bersihkan dengan handuk bersih yang bersih pasti akan membantu peralatan masak tetap bersih. Setelah semua, menggunakan dan merawat peralatan masak stainless dengan benar akan meningkatkan fitur dan penampilan tangguh.

Write your comment Here