Arung Jeram dan Kayak Istilah: Pelajari Whitewater River Lingo

Arung jeram dan kayak terkenal untuk berbicara dalam bahasa mereka sendiri. Ketika Anda pertama kali terlibat dalam olahraga arung jeram dan kayak, mudah merasa terintimidasi oleh kurangnya pemahaman Anda tentang istilah tersebut. Di bawah ini adalah daftar istilah dasar yang perlu Anda ketahui di sungai. Daftar ini tidak komprehensif, tetapi akan memberi Anda sumber yang bagus untuk mulai terdengar seolah-olah Anda tahu apa yang Anda bicarakan.

CFS (yaitu aliran) – CFS singkatan dari "kaki kubik per detik" dan merupakan metode pilihan untuk menggambarkan aliran air di sungai. Aliran diukur dengan stasiun pengukur yang ditetapkan oleh Layanan Geologi Amerika Serikat (USGS). Kaki kubik kira-kira seukuran bola basket, jadi jika sungai mengalir pada 30.000 cfs, sekitar 30.000 bola basket melewati angka itu setiap detik.

Kelas – Peregangan sungai dan jeramnya yang sesuai umumnya digambarkan oleh sistem kelas dengan 1 yang paling mudah dan 6 tidak dapat digali. Beberapa sungai besar di barat menggunakan sistem peringkat 1-10. Peringkat jeram tunduk dan didasarkan pada pengalaman para pelaut, tingkat air, konsekuensinya harus terjadi sesuatu, jenis kerajinan, dan banyak faktor lainnya. Rujuk ke buku panduan dan pelaut berpengetahuan untuk menentukan kelas.

Dumptruck – Ketika semua orang jatuh dari perahu, tetapi perahu tetap tegak.

Eddy – Ketika air yang mengalir ke hilir menabrak rintangan seperti batu, saluran akan bergerak di sekitarnya, menciptakan ruang kosong di belakang objek. Sungai akan mengisi daerah itu dengan aliran hulu tepat di belakangnya, menciptakan eddie. Eddies adalah alat yang fantastis karena dapat membuat Anda keluar dari arus, menyediakan air yang lembut untuk beristirahat atau menghadapi keadaan darurat, dan bahkan dapat membantu mengubah perahu Anda dalam jeram besar. Untuk "keluar" berarti meninggalkan arus utama dan memasuki eddie untuk menghentikan atau memperlambat perahu.

Eddie Fence – Ketika air mengalir hilir bertemu dengan air yang mengalir ke hulu maka terciptalah dan eddie fence (juga dikenal sebagai "Eddie Line"). Ini biasanya memiliki arus yang aneh, dan pagar yang sangat kuat bahkan dapat membalik perahu. Sadarilah bahwa perenang dapat ditangkap di pagar, menyebabkan mereka ditarik ke hilir atau lebih dalam ke saluran sungai.

Membalik – Ketika perahu itu berbalik. Ada kemungkinan untuk melakukan flip kering, di mana Anda melompat keluar dari perahu karena terbalik dan berhasil mendarat di dasar perahu terbalik tanpa berakhir di air. Ini membutuhkan waktu yang sempurna dan banyak keberuntungan.

Panggung Banjir – Setiap bagian sungai berbeda berdasarkan seberapa curamnya, jenis jeram, tanah yang terpotong, dan alirannya. Sebuah sungai kecil yang dikelilingi oleh dinding ngarai tinggi mungkin berada di tahap banjir ketika itu menjalankan 1.000 cfs, sementara sungai besar seperti Mississippi yang mengalir melalui rawa terbuka dapat mengalir lebih dari satu juta cfs tanpa riak. Ketahui tingkat bagian yang Anda jalankan dan alur apa yang disarankan agar Anda menjalankannya.

Degil – Sebuah fitur yang sangat merepotkan, seperti, "wow, lubang penjaga raksasa itu degil."

Lubang – Lubang adalah fitur yang paling terkenal di sungai. Mirip dengan eddy, ketika sungai mengalir di atas batu atau obstruksi lainnya, air bergegas untuk mengisi ruang tepat di belakang objek. Ini menciptakan hidrolik. Lubang bisa sangat kecil atau seukuran rumah, dan sering kali bisa membalik perahu. Ada beberapa jenis lubang yang berbeda:

  • Flushing Hole – Lubang pembilasan mendorong air ke ujung hilir hidrolik dan umumnya tidak akan menahan Anda.
  • Lubang Penjaga – Lubang penjaga memiliki air yang membilas ke tengah lubang dari tepiannya. Ini bisa menampung perenang atau perahu untuk jangka waktu yang lama dan bisa sangat berbahaya.
  • Lubang Lereng – Lubang langkan adalah fitur khusus yang dibuat oleh hambatan dengan penurunan tajam di sisi hilir. Ini cenderung menjadi lubang penjaga dan mungkin menyerupai bendungan rendah kepala.

Lateral – Gelombang atau lubang yang terletak pada sudut terhadap arus. Ini dapat membingungkan pendayung baru karena Anda harus berada pada sudut ke arus untuk memukul kepala ini.

Tumpukan – Tumpukan adalah putih, busa berantakan di puncak gelombang. Jika Anda ingin berselancar, carilah gelombang dengan tumpukan besar agar lebih mudah untuk tetap berada di palung.

Bantal – Dibentuk oleh air mendorong melawan rintangan, menciptakan gundukan.

Pool Drop – Suatu jenis sungai di mana jeram tersebar cukup jauh terpisah sehingga kolam besar air datar duduk di bawah jeram. Kolam ini adalah tempat yang bagus untuk memulihkan jika ada sesuatu yang salah di atas.

Put-In – Put-in adalah tempat perjalanan sungai dimulai.

RDTFM – "Right Down the Friggin 'Middle." Seorang tukang perahu mungkin menggambarkan rute yang diusulkan mereka melalui cepat.

Sungai Kiri / Kanan Sungai – Sisi sungai ditentukan oleh tukang perahu menghadap ke hilir di arus utama, sisi kanan berada di kanannya. Hilir selalu didasarkan pada arus utama. Jika Anda melayang ke hulu di sebuah eddy (yaitu di seberang arus utama), sungai kanan dan kiri sungai tidak berubah.

Rooster Tail – Ketika air mengalir melawan batu atau rintangan dengan titik yang tajam di atas, mungkin akan melepaskan bagian atas yang menciptakan percikan yang menyerupai ekor ayam jago. Menemukan ini dari pramuka dapat menjadi cara yang bagus untuk mengidentifikasi di mana Anda tidak ingin menjadi karena mereka memberikan penanda yang baik ketika Anda berada di cepat.

Pramuka – Sebelum Anda memasukkan cepat besar, Anda mungkin ingin melihatnya terlebih dahulu. Ini disebut pramuka. Tarik perahu Anda ke salah satu sisi sungai dan berjalan ke hilir untuk menemukan pemandangan yang cepat. Carilah di mana arus mendorong, hambatan besar untuk dilewatkan, dan beberapa rencana jika yang pertama tidak berjalan dengan baik.

Berselancar – Jika lubang atau gelombang cukup kuat, itu bisa membuat kapal di palung untuk jangka waktu yang lama. Ini bisa terjadi secara pasif jika Anda tertangkap secara tidak terduga dalam hidrolik. Ketika itu terjadi secara aktif, itu bisa menjadi salah satu aspek yang paling menyenangkan dari sungai yang mengalir. Kayaker terutama suka berselancar dan menyebutnya bermain. Kayak yang berpengalaman dapat menggunakan air untuk melakukan flips, 360-turns, dan trik lainnya.

Saringan – Saringan adalah apa pun yang dilalui air tetapi seseorang (atau perahu, atau objek lain) tidak melakukannya. Ini bisa berupa ranting atau semak rendah yang menggantung di sisi sungai, dam alami, kayu apung, dan gumpalan batu. Saringan sangat berbahaya dan harus selalu dihindari.

Domba jantan – Untuk memukul lubang, gelombang, atau lateral pada sudut tegak lurus. Ketika Anda menekan rintangan hanya dengan busur atau buritan Anda, ada lebih sedikit luas permukaan untuk menciptakan resistensi. Di sisi lain, memukul mereka di sisi lebar memberikan hambatan lebih banyak dari kapal Anda untuk mendorong dan Anda lebih cenderung untuk flip.

Mengambil – Take-out adalah tempat perjalanan sungai berakhir. Take-out selalu downstream dari put in (tidak, perahu tidak berjalan di trek).

Lidah – Lidah adalah "v" halus yang umumnya mewakili rute paling tenang untuk masuk dengan cepat.

Gelombang – Gelombang adalah sepupu yang lebih baik dari lubang. Dapat terbentuk di atas lubang ketika air cukup tinggi, atau hanya dari perubahan gradien di dasar sungai. Ketika air mengalir di atas rintangan yang terendam menciptakan gelombang itu mempercepat. Ketika menyentuh air yang lebih lambat di bawah, itu menciptakan gelombang.

Membungkus – Saat perahu disematkan ke objek. Seringkali membutuhkan sistem tali atau membiarkan udara keluar dari tabung untuk melepaskan perahu.

Mengetahui istilah-istilah ini akan membantu Anda merasa lebih terlibat saat Anda belajar arung jeram atau kayak. Anda juga dapat melakukan penelitian tentang terminologi yang berkaitan langsung dengan perahu dan perlengkapan keselamatan. Seperti semua kegiatan, langit adalah batas pengetahuan yang bisa Anda kumpulkan di atas arung perahu. Sekarang Anda berbicara dalam istilah, Anda dapat mulai mempelajari aspek yang lebih rumit dari olahraga.

Write your comment Here